Non Pendas >>> Pengumuman Hasil UAS 29 Desember 2017; Pendaftaran Mahasiswa Baru mulai 4 Desember 2017; Registrasi Matakuliah Semester Berikutnya 4 Desember 2017<<< +++ Pendas >>> UAS 2 & 3 Desember 2017; <<< +++ UPBJJ-UT Jember +++

BANGUN KEMITRAAN YANG AKUNTABEL

PADA RAKOR POKJAR UNIVERSITAS TERBUKA

UPBJJ JEMBER MR 2016.2

Minggu, 18 Desember 2016  UPBJJ-UT Jember menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pengurus Kelompok Belajar (Pokjar) Mahasiswa Universitas Terbuka (UT) se-Wilayah UPBJJ-UT Jember. Seluruh pengurus Pokjar di 6 kabupaten dan 1 kota diundang untuk mengikuti kegiatan evaluasi pelaksanaan kegiatan layanan belajar jarak jauh (BJJ) di bawah tanggung jawab UPBJJ-UT Jember. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama antara UPBJJ-UT Jember dengan Pengurus Pokjar guna peningkatan kualitas layanan kepada mahasiswa.

Untuk menambah semangat, kegiatan ini dilaksanakan di luar kota Jember area pegunungan yakni di Rumah Makan Pring Ijo, Arjasa, Jember. Rumah makan bernuansa alam ini dipilih sebagai tempat bertemunya para pimpinan dan staf  UPBJJ-UT Jember serta pengurus pokjar dari Kota dan Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso. Tujuannya adalah agar silaturrahim terbangun dengan sangat baik dan sosialisasi skema baru Pengurus Pokjar dapat tersampaikan dengan baik.

 IMG 3782

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dilanjutkan dengan sambutan Kepala UPBJJ-UT Jember. Dalam sambutannya Kepala UPBJJ-UT Jember (Dr. Hj. Suparti, M.Pd) menyampaikan terima kasih kepada segenap pengurus pokjar yang telah hadir memenuhi undangan panitia. Pada kesempatan yang baik ini Kepala UPBJJ-UT Jember mengajak seluruh hadirin untuk refleksi tentang layanan belajar jauh yang diselenggarakan di bawah tanggung jawab UPBJJ-UT Jember. Ajakan refleksi diteruskan oleh Koordinator BBLBA dan Registrasi dan Pengujian dengan maksud mengevaluasi bersama untuk ditemukan solusi yang lebih baik layanan berkualitas bagi para mahasiswa.

Selain itu disampaikan pula kebijakan terbaru di Universitas Terbuka, antara lain: penawaran Prodi baru yakni Teknologi Pendidikan. Kebijakan lainnya adalah pada semester 2017 periode kedua akan dibuka Program S-1 PGSD dan S-1 PGPAUD dengan pola layanan SIPAS (Sistem paket semester) Non-TTM. Nilai positif program ini adalah mahasiswa tidak harus mengikuti tutorial tatap muka (TTM) namun cukup dengan tutorial online.

IMG 3817

 

 

Hal pokok yang disampaikan pada Rakor Pokjar kali ini adalah Sosialisasi system pengelolaan yang baru (Pokjar Skema baru) berdasarkan SK Rektor nomor 41 tahun 2016 bahwa pengurus pokjar dibentuk oleh mahasiswa berdasarkan kesepakatan mereka dan pengurus pokjar harus membuat kontrak kerja sama dengan UT dengan memenuhi persyaratan yang ditentukan UT. Diharapkan pada tahun 2017 seluruh pokjar sudah menandatangani kontrak dengan UT (Kepala UPBJJ-UT Jember) untuk membentu UT dalam memberikan layanan kepada mahasiswa UT.  

IMG 4131

 

Sebelum kegiatan berakhir diadakan sesi diskusi yang bertujuan untuk membahas permasalahan yang diperkirakan muncul dan masalah serta kendala yang dihadapi selama ini. Kegiatan ini berjalan dengan lancar penuh semangat kekeluargaan. Hal itu tampak saat break kudapan dan makan siang. Sesi terakhir adalah penandatangan kontrak bagi Pokjar yang telah menyetujui skema baru pengelolaan mahasiswa UT. Hampir 50% Pokjar melakukan penandatangan kontrak. Semoga dengan kegiatan ini dapat juga meningkatkan silaturahmi antara UPBJJ-UT Jember dan Pengurus Pokjar dalam upaya meningkatkan kualitas layanan bagi mahasiswa Universitas Terbuka. Bravo UT.