Non Pendas >>> Pengumuman Hasil UAS 29 Desember 2017; Pendaftaran Mahasiswa Baru mulai 4 Desember 2017; Registrasi Matakuliah Semester Berikutnya 4 Desember 2017<<< +++ Pendas >>> UAS 2 & 3 Desember 2017; <<< +++ UPBJJ-UT Jember +++

UNVERSITAS TERBUKA UPBJJ JEMBER

SELENGGARAKAN ORIENTASI MAHASISWA BARU PROGRAM MAGISTER REGULER DAN FULLY ONLINE MR I 2017 TAHAP 1

Untuk yang kesekian kali Universitas Terbuka Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT) Jember menyelenggarakan Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) Program Pascasarjana. Terdapat 23 mahasiswa baru program magister yang terdiri dari 17 orang program Magister Pendidikan Dasar, 5 orang program Magister Ilmu Administrasi On-Line Bidang minat Administrasi Publik dan 1 orang Program Magister Ilmu kelautan On-Line Bidang minat Manajemen Perikanan. Sampai saat ini jumlah mahasiswa pasca yang meregistrasi sebanyak 97 orang dan telah meluluskan sebanyak 38 orang.

Kegiatan dihadiri oleh seluruh panitia S-2 dan mahasiswa baru PPs UPBJJ-UT Jember. Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan lantai 2 Kantor UPBJJ-UT Jember ini dibuka secara resmi oleh Kepala UPBJJ-UT Jember (Dr. Hj. Suparti, M.Pd) diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UT. Materi yang disampaikan pada kegiatan OSMB adalah Mengenal PPS UT, Tutorial UT, Belajar dengan Cerdas, Kode Etik Penulisan Karya Ilmiah, Open Education Resources, dan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya serta testimony mahasiswa dan alumni S2 UPBJJ-UT Jember. Setelah istirahat sholat dan makan siang dilanjutkan dengan praktik aktivasi dan akses tutorial on line (tuton).

Kegiatan ini dilaksanakan dengan cermat dan semangat kepada mahasiswa baru dalam rangka mempersiapkan mereka agar dapat mengikuti pembelajaran di UT dengan ciri khas belajar mandiri, terbuka, dan jarak jauh. Hal yang paling pokok adalah agar mereka bisa lulus tepat waktu. Rahasia sukses belajar dengan prestasi gemilang namun tetap ditekankan dalam orientasi ini. Rambu-rambu dan prosedur belajar di UT yang berbeda dengan perguruan tinggi tatap muka menjadi hal yang perlu mendapat perhatian, termasuk perbedaan antara mahasiswa S2 Reguler dengan tutorial tatap muka (TTM) dan program magister yang Fully On-Line.

Sampai saat ini di UPBJJ-UT Jember sudah mengelola 5 Program Magister yakni: Program Magister Ilmu Administrasi Bidang Minat Administrasi Publik (MAP), Program Magister Manajemen (MM), Program Magister Ilmu Kelautan Bidang Minat Manajemen Perikanan (MMP), Program Magister Pendidikan Matematika (MPMt), Program Magister Pendidikan Dasar (MPDR). Ada 1 program studi baru yakni Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris yang belum memiliki mahasiswa. Semoga semester mendatang yang pendaftarannya akan dibuka bulan Maret 2017 akan menuai peminat untuk mengikuti program studi tersebut. Karena system belajar mandiri dan jarak jauh yang diterapkan di UT sangat memungkinkan masyarakat termasuk para tenaga pendidik/guru/dosen untuk mengikutinya. Persyaratan yang sederhana dan cara yang mudah sangat mungkin diikuti oleh semua kalangan. Untuk informasi lebih lanjut silakan kontak kami di 0331-326444 kantor layanan UPBJJ-UT Jember jalan Kaliurang 2a atau buka website www.jember.ut.ac.id.