Non Pendas >>> Pengumuman Hasil UAS 29 Desember 2017; Pendaftaran Mahasiswa Baru mulai 4 Desember 2017; Registrasi Matakuliah Semester Berikutnya 4 Desember 2017<<< +++ Pendas >>> UAS 2 & 3 Desember 2017; <<< +++ UPBJJ-UT Jember +++

UNIVERSITAS TERBUKA UPBJJ JEMBER

SELENGGARAKAN OSMB 2017.1

Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) adalah kegiatan yang diadakan Universitas Terbuka (UT) dalam rangka mengenalkan system pembelajaran dan ujian yang diterapkan di UT. OSMB ini dilaksanakan di setiap Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT termasuk di UPBJJ-UT Jember pada setiap masa registrasi. Pada masa registrasi 2017.1 ini dilaksanakan kegiatan OSMB bagi mahasiswa Program Sarjana dari fakultas ekonomi (FEKON), FISIP, FMIPA, dan FKIP non-PGSD/PGPAUD yakni pada tanggal 12 Februari 2017.

Kegiatan OSMB dibuka oleh Kepala UPBJJ-UT Jember (Dr. Hj. Suparti, M.Pd) yang didampingi oleh Koordinator BBLBA (Nita Ryan Purbosari,S.Sos.,M.Si), Kasubag Tata Usaha (Rully Apriani, SP), Koordinator Registrasi dan Pengujian (Dra. Hj. Khodijah Hayati M.Pd), serta panitia OSMB lainnya. Kegiatan yang diikuti peserta sebanyak 389 mahasiswa ini berasal dari 6 kabupaten dan kota di tapal kuda mulai Kota Probolinggo ke timur sampai Banyuwangi.

Tujuan lebih spesifik dari kegiatan OSMB dimaksudkan untuk lebih mengenalkan UT kepada mahasiswa baru yakni tentang: apa dan bagaimana penyelenggara Sistem Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (SPTJJ), yang dimulai dari: bagaimana seorang mahasiswa dalam melalukan regestrasi mata kuliah, kapan mahasiswa mendapatkan bahan ajar, bagaimana mahasiswa memaksimalkan bantuan belajar (TTM dan Tuton) yang diberikan, bagaimana membaca BMP secara efektif, serta mahasiswa ikut serta dalam Ujian Akhir Semester (UAS) dengan tertib baik saat mengikuti ujian secara online maupun ujian tulis secara langsung.

Materi sajian yang diberikan kesemuanya bertumpu pada kemandirian seorang mahasiswa, karena untuk menjadi mahasiswa UT, tuntunan terbesar dan utama adalah kemandirian. Selama pemberian materi mahasiswa sangat antusias mengikuti dan mendengarkan dengan seksama. Banyak mahasiswa yang bertanya, mulai bertanya tentang tutorial online, tentang TTM Atpem (Tutorial Tatap Muka Atas Permintaan Mahasiswa), Toko Buku Online (TBO), serta bagaimana mengoptimalkan bahan ajar pada UT.

Memang, berkuliah di UT dibutuhkan tekad yang kuat untuk belajar sendiri. Karena tidak akan dibimbing dosen secara langsung, melainkan hanya melalui media dan tutorial online yang ada di Website UT. Untuk itu setiap mahasiswa harus bisa mengatur waktu belajar masing-masing agar nilainya bisa maksimal.

Sebelum OSMB berakhir, Kepala UPBJJ-UT Jember kembali mengingatkan agar para mahasiswa mengikuti arahan yang diberikan dalam OSMB dan mengimplementasikannya, agar dapat mengikuti pendidikan di UT dengan baik dan lancer sehingga bisa lulus tepat waktu dengan hasil yang sesuai harapan. Untuk itulah mahasiswa diajak untuk praktik UT online serta bimbingan akademik oleh para staf edukatif UT UPBJJ Jember. “Kunci sukses kuliah di UT hanya 1 (satu) yakni tertib” demikian Suparti dalam sambutan penutupannya, “tertib registrasi, tertib belajar, dan tertib ujian” Semoga sukses. Bravo mahasiswa UPBJJ-UT Jember.