Non Pendas >>> Pengumuman Hasil UAS 29 Desember 2017; Pendaftaran Mahasiswa Baru mulai 4 Desember 2017; Registrasi Matakuliah Semester Berikutnya 4 Desember 2017<<< +++ Pendas >>> UAS 2 & 3 Desember 2017; <<< +++ UPBJJ-UT Jember +++

UNIVERSITAS TERBUKA UPBJJ JEMBER

ROADSHOW IKUTI EXPO CAMPUS 2017 DI WILAYAH TAPAL KUDA

Masa registrasi mahasiswa baru Universitas Terbuka pada tahun  2017 periode ke-1 yang tersisa beberapa hari lagi terus dimanfaatkn oleh UPBJJ-UT Jember (UT Jember) guna mengenalkan UT kepada masyarakat termasuk siswa SLTA. Di antara kegiatan yang diikuti adalah dalam bentuk Expo Campus 2017. Kegiatan diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Jember, Banyuwangi, dan Probolinggo. Kegiatan yang dilaksanakan secara berurutan tersebut sengaja dijadwalkan demikian agar perguruan tinggi Jawa dan Bali dapat mengikuti kegiatan secara bersambungan tanpa harus kembali ke basecamp masing-masing.     

Acara yang dipadu dengan Pentas Seni ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama antara MGBK dan Dinas Pendidikan baik kabupetan/kota maupun provinsi. Tujuan utama adalah memberikan gambaran dan motivasi serta pengetahuan kepada siswa tentang pendidikan tinggi setelah lulus kelak.  Diharapkan para siswa nantinya dapat benar-benar memilih perguuruan tinggi sesuai dengan kemampuan dan minatnya.

Kegiatan yang rata-rata dilaksanakan indoor di Gedung Pertemuan/Olah Raga (GOR) ini dibuka secara resmi oleh pejabat tertinggi di wilayah tersebut. Misalnya, di Kabupaten Jember dan Banyuwangi dibuka oleh perwakilan Bupati, sedangkan di Probolinggo dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota/Kabupaten Probolinggo. Pembukaan kegiatan ditandai dengan pengguntingan pita oleh pejabat. Semangat Panitia yang semuanya merupakan guru BK di kabupetan/kota masing-masing sangat mewarnai kegiatan ini.

Penampilan seni dan budaya khas masing-masing daerah turut mewarnai kegiatan Expo Campus 2017 ini. Di Jember kegiatan seni lebih didominan oleh seni olah vocal dan karaoke. Berbeda halnya dengan Banyuwangi yang dijuluki kota gandrung  ini para siswa lebih memilih menyajikan seni tari yang merupakan salah satu kesenian andalan lestari kabupaten ujung timur pulau Jawa ini.  Hal itu berdeda pula dengan Kota/Kabupaten Probolinggo yang lebih suka memilih main band. Apapun seni yang ditampilkan penanda utama dimulainya kegiatan adalah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Dalam sambutannya masing-masing pejabat menyampaikan apresiasi kepada panitia dan kepada lembaga perguruan tinggi yang turut menyambut baik inisiatif yang luar biasa ini. Hal itu juga dimanfaatkan oleh Universitas Terbuka UPBJJ Jember untuk berperan serta berada di antara puluhan perguruan tinggi negeri swasta se Jawa Bali ini. Harapannya adalah akan lebih banyak lagi lulusan SLTA yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi di Universitas Terbuka tanpa ragu dan mantap melangkah kuliah di perguruan tinggi yang menerapkan system belajar mandiri, terbuka, dan jarak jauh.

Guna mengenalkan program UT secara lebih mendalam Tim Expo UT menyiapkan bahan presentasi dan tayangan video profil UT. Sebagian besar panitia menyiapkan lokasi dan di tempat itulah peserta expo boleh menampilkan medianya. Namun hal yang luar biasa terjadi di SMANSAMORE yakni setiap perguruan tinggi peserta expo diberikan kesempatan untuk mempresentasikan program-programnya di panggung yang telah disiapkan oleh panitia. Universitas Terbuka mendapat kesempatan nomor urut kedua untuk menyampaikan profile Universitas Terbuka. Floriza yang akrab dipanggil Flo (staf Frontdesk) mewakili UPBJJ-UT Jember mempresentasikan program-program UT. Beberapa poin penting tentang Universitas Terbuka, mulai dari status bahwa UT adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN),  kemudahan akses dan informasi perkuliahan yang modern & fleksibel, sampai kepada para alumni yang sukses  di dalam pemerintahan disampaikan dengan jelas oleh Mas Flo sebagaimana yang terpapar dalam PPt yang telah disiapkan oleh lembaga.

Setelah semua peserta expo campus 2017 menyampaikan profilnya, siswa diarahkan untuk mengunjungi stan pameran yang telah disediakan dan ditata oleh setiap peserta pameran secara berurutan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh panitia. Stan Universitas Terbuka termasuk yang banyak mendapatkan kunjungan. Banyak siswa ingin tahu tentang UT yang tanpa uang pendaftaran, tanpa uang gedung, tanpa uang wisuda, tanpa menulis skripsi bagi calon sarjana. Mereka berusaha menggali informasi lebih banyak lagi tentang Universitas Terbuka.  Selama rata-rata 5 jam siswa dari berbagai SLTA di wilayah tapal kuda ini mendapatkan layanan informasi tentang Universitas Terbuka terutama keunggulan yang dimiliki UT.

Selain informasi untuk dirinya sendiri, dipesankan kepada siswa yang memiliki sanak saudara, teman yang ingin melanjutkan kuliah saat ini bahwa UT menerima calon mahasiswa tanpa tes masuk (keculai program S2 tatap muka), tanpa uang pendaftaran, tanpa uang gedung, tanpa biaya wisuda. Hal pokok yang perlu diketahui para siswa dan masyarakat adalah UT tidak menerapkan system srop out (DO). UT tempat belajar selamanya tidak terbatas waktu, tempat, usia, dan tahun ijazah.

UT bukan perguruan tinggi swasta, UT merupakan perguruan tinggi negeri yang didirikan pemerintah dan diresmikan oleh Presiden RI tanggal 4 September 1984. Pada usianya yang memasuki 33 tahun UT memantapkan diri dengan segenap jaminan kualitas nasional (ISO, BAN PT) maupun internasional (ICDE) termasuk tertib administrasi keuangan yakni pembayaran SPP dilakukan melalui bank pemerintah (BRI, BTN, Mandiri) dan PT Alfarian (Alfamart, Alfamidi).

Antusias pengunjung yang luar biasa, selain pemberian informasi pada saat Expo Campus ini para siswa juga diberikan kesempatan untuk konsultasi ke website UT, media social yang dimiliki UPBJJ-UT Jember atau dipersilakan dating ke kantor UPBJJ-UT Jember di Jalan Kaliuran 2a Jember. Informasi lebih detail dapat dibaca di laman UT: www.ut.ac.id, www.jember.ut.ac.id, atau bisa bertanya melalui email  Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.. Semoga usaha yang terus menerus membuahkan hasil yang serius meningkatkan angka partisipasi mahasiswa UT.